Masyarakat Ngawi Dihimbau Teliti Saat Pembuatan Data Kependudukan

Ngawi | NgawiKita.com – Bagi masyarakat kabupaten Ngawi yang akan mengurus data kependudukan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ngawi agar teliti dalam melengkapi persyaratan yang telah ditentukan, sehingga data yang diinginkan bisa sesuai dan tidak ada kekeliruan.

Hal tersebut disampaikan Oleh H. Helmi Abidin, S.HI, AWP®, selaku pengacara sekaligus Managing Partner Eagle Law Firm Ngawi. ”Bagi masyarakat yang ingin membuat Kartu Tanda Penduduk (E-KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran maupun Akta Kematian agar melengkapi dan meneliti persyaratan yang sudah ditentukan, agar tidak bolak balik dan bahkan menjadi permasalahan yang harus menempuh jalur pengadilan jadi satu hari, ucap Helmi di Eagle Law pada jumat (24/01/2020).

Menurut Helmi, dengan melengkapi dan meneliti semua persyaratan yang sudah ditentukan, tujuanya adalah untuk mempermudah pembuatan data kependudukan dan supaya terhindar dari kesalahan data.

Ada juga kendala lainnya terkait data yang salah dalam penulisan maupun penambahan nama pada data kependudukan. Karena hal tersebut harus diselesaikan melalui jalur pengadilan.

Himbauan tersebut juga disampaikan oleh Tatak Purwanto, ST, M.Si, selaku Kepala Bidang (Kabid) Pencatatan Sipil di Dispendukcapil Ngawi, bahwa perubahan data kependudukan yang fatal harus berdasar putusan pengadilan.

“Perubahan data identitas semisal satu kata bahkan lebih, maka kelengkapan persyaratan harus melampiri putusan pengadilan,” ungkap Tatak.

Helmy sebenarnya kasian kepada masyarakat kalau tidak teliti dalam persyaratan yang sudah ditentukan, karena akan mensusahkan masyarakat.

“Jadi kami harap bagi yang ingin mengurus e -KTP maupun lainya kami mohon untuk meneliti persyaratan terlebih dahulu,” tutup Helmy.

(aq)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*