Mitigasi bencana pohon Tumbang oleh Bagana Ngawi

Bagana Ngawi Mitigasi Bencana Pohon Tumbang

Ngawikita.com – Akhir-akhir ini cuaca kurang bersahabat. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sering melanda wilayah Kabupaten Ngawi. Disamping itu, hujan deras juga kerap disertai dengan angin kencang.

Kondisi itu tentu cukup menghawatirkan. Apalagi untuk wilayah yang banyak terdapat pohon-pohon tua. Saat hujan deras disertai angin kencang, bisa-bisa pohon rubuh dan mengancam jiwa orang-orang yang tengah melintas.

Sigap dalam menyikapi hal itu, Satuan Khusus Banser Bagana, melalui Satkorcab Bagana Ngawi melaksanakan giat mitigasi bencana pohon tumbang. Kegiatan itu dilaksanakan di lingkungan Desa Beran dan Kelurahan Margomulyo, Ngawi.

“Kita melakukan giat penebangan pohon yang sekiranya rawan roboh,” ujar Angga Putra, Kasatsus Satkorcab Bagana Ngawi, Kamis (30/12/21).

Pohon-pohon yang berpotensi rubuh saat hujan lebat, dipotong dahan atau seluruhnya. Hal itu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi hujan lebat.

“Tepatnya di sekitar Pondok Pesantren Al Qur’an Sunan Kalijogo, bimbingan Gus Abid Mahfudz,” ungkapnya.

Pada giat Mitigasi bencana pohon tumbang itu, dipimpin langsung oleh Ketua Divisi Kesiapsiagaan dan Mitigasi BAGANA SATKORCAB BANSER Ngawi sahabat Sumino.

“Kegiatan ini kami lakukan semata-mata untuk membantu masyarakat umum guna mencegah adanya pohon tumbang yang bisa disebabkan karena angin kencang,” tutup Angga Putra.

Iklan