Bawaslu Goes To Campus, Bawaslu Ngawi Ajak Mahasiswa Pengawasan Partisipatif Pilkada 2020

Ngawi | ngawikita.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ngawi gandeng mahasiswa untuk membumikan pengawasan dan partisipasi aktif dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi 2020. Acara yang dikemas dengan “Bawaslu Goes To Campus” tersebut kali ini menggandeng Civitas Akademika dan Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Ngawi. Dilaksanakan di Aula IAI Ngawi, Selasa (17/11/2020).

Kiri : Mustaqim (Rektor IAI Ngawi), Tengah : Abjudin Widiyas N (Ketua Bawaslu Ngawi), Kanan : Husaini Amar (Dewan Pembina JPPR Ngawi)

Kegiatan ini dihadiri oleh Mustaqim selaku Rektor IAI Ngawi, Abjudin Widiyas Nursanto selaku Ketua Bawaslu Ngawi, Husaini Amar selaku Dewan Pembina JPPR Ngawi, beberapa anggota Bawaslu dan 30 mahasiswa IAI Ngawi.

Ketua Bawaslu Ngawi Abjudin Widiyas Nursanto ajak mahasiswa turut serta aktif dalam pengawasan dan partisipasi dalam Pilbub 2020 nanti, hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Bawaslu Goes to Campus di Gedung Aula IAI Ngawi.

“Salah satu tugas Bawaslu adalah melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilu, dan mengawasi proses penyelenggaraan pemilu, kami harap mahasiswa IAI Ngawi siap membumikan pengawasan dan pastisipasi,” ungkap Abjudin.

Mustaqim selaku Rektor IAI Ngawi menambahkan “meskipun pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Ngawi hanya 1, namun mahasiswa IAI harus tetap memilih dan ikut serta dalam pengawasan Pilbub nanti,”.

Husaini Amar menambahkan posisi mahasiswa sangat penting dalam mengawal pemilihan kepala daerah, karena mahasiswa terlanjur mempunyai posisi istimewa di masyarakat.

“Secara historis, mahasiswa mempunyai peran signifikan dalam perjalanan bangsa. Kalangan intelektual yang memiliki idealisme jujur dan bersih dari tanggungan, maka mahasiswa dianggap mampu menyuarakan kepentingan rakyat (penyambung lidah rakyat)”, ungkap Husaini Amar.

Acara dilanjutkan penandatanganan kerjasama antara Bawaslu Ngawi dan IAI Ngawi dalam kegiatan Pengawasan dan Partisipasi Aktif Mahasiswa pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi tahun 2020.

(Penulis : Nurmalia K)

(Editor : aq)

Iklan