Bersama Petani, Pemerintah Desa Klitik Melaksanakan Pembelajaran Ekologi Tanah

Menyikapi kebijakan pengurangan alokasi pupuk kimia bersudsidi pemerintah desa Klitik kecamatan Geneng kabupaten Ngawi mengajak petani untuk lebih kreatif dengan mengadakan pembelajaran ekologi tanah.

“Berawal dari kebingungan para petani, kami dari pemerintah desa harus berbuat sesuatu yang bisa membantu petani.” Ungkap Agus sekretaris desa Klitik.

Pembelajaran yang berlangsung empat hari ini diikuti oleh 20 peserta perwakilan dari semua kelompok tani yang ada, bertempat di aula balai desa. 21-24/11/2020.

Dalam pelaksanaannya pemerintah desa Klitik bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Organikmat Ngompro. Salah satu lembaga di kabupaten Ngawi yang bergerak dalam bidang pertanian dan perdesaan.

“Pembelajaran ekologi tanah ini sebuah proses untuk mengajak para petani dalam memahami kondisi tanah yang akhirnya muncul kesadaran bahwa tanah kita dalam kondisi sakit”. Ungkap Bendiel Sumarno salah satu fasilitator dari P4S Organikmat Ngompro.

Agus berharap kedepannya petani desa Klitik bisa lebih sejahtera karena dalam pertanian ramah lingkungan dan berkelanjutan bisa mengurangi biaya produksi.

Iklan