BIN Daerah Jawa Timur Gandeng Dinkes Ngawi Dalam Percepatan Vaksinasi Covid-19

Ngawi | ngawikita.com – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jawa Timur Gandeng 3 Puskesmas di Kabupaten Ngawi dalam pelaksanaan percepatan vaksinasi covid-19. Ketiga Puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Gemarang, Puskesmas Kedunggalar dan Puskesmas Ngawi. Sebanyak 1.300 dosis vaksin jenis Sinovac, Astra Zeneca dan Moderna telah disuntikkan kepada masyarakat.(11/12/2021).

Sejumlah 1300 dosis yang diberikan kepada masyarakat tersebar di beberapa titik, yaitu di Balai Desa Katikan Kedunggalar sebanyak 500 dosis, Balai Desa Bangunrejo Kidul sebanyak 500 dosis dan di UPT Puskesmas Ngawi sebanyak 300 dosis.

Masyarakat merespon positif dengan adanya serbuan vaksin. Salah satu warga katikan mengungkapkan “saya sangat berterima kasih kepada pemerintah melalui TNI-Polri, BIN dan Dinkes Ngawi atas serbuan vaksin kepada kami. Kami berharap Pandemi Covid-19 segera berakhir”, ungkap mukhib (warga Desa Katikan)

Kepala UPT Puskesmas Gemarang, dr Esti Retno mengungkapkan “Vaksinasi massal merupakan langkah yang tepat. Untuk mencegah penularan covid-19 pada libur Natal dan Tahun Baru. Apalagi sekarang ada varian virus baru yaitu Omicron,” ungkap dr Esti.

BINDA Jatim sendiri saat ini kian gencar membantu para pihak termasuk pemerintah daerah dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Presiden Joko Widodo juga memuji program vaksinasi COVID-19 door to door atau dari rumah ke rumah yang dilakukan oleh BIN di daerah-daerah. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tersebut terus dilanjutkan ke seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam percepatan vaksinasi, BINDA Jatim dan Dinkes berharap di akhir tahun 2021 ini ada tambahan atau peningkatan sehingga percepatan vaksinasi sesuai dengan target yang diharapkan. BINDA Jatim bekerjasama dengan Dinkes Ngawi telah mempersiapkan vaksinasi massal dengan matang. Selain itu sosialisasi pencegahan Covid-19 penggunaan masker, cuci tangan jaga jarak, termasuk pemantauan penerapan protokol kesehatan dengan ketat.

Dari hasil evaluasi menurut Kepala UPT Puskesmas Ngawi Kota dr Agustin dan Kepala UPT Puskesmas Kedunggalar dr Endi mengatakan, “Pelaksanaan vaksinasi di wilayah kerjanya berjalan lancar. Proses pelaksanaan vaksinasi bekerjasama dengan BINDA Jatim dapat diatasi oleh tim petugas yang beranggotakan bagian verifikasi, screening, vaksinator, dan administrasi. Diharapkan vaksinasi ini dapat mempercepat perluasan vaksinasi seperti yang ditargetkan pemerintah. (Adm)

Iklan