Bu Tejo, Penggagas Media Ampuh di Kampung

Ngawi | ngawikita.com – Bu Tejo, tak asing lagi bagi kita, apalagi teruntuk masyarakat yang tinggal di kampung atau desa. Sosok bu tejo yang sempat viral di media sosial tersebut lewat pemeran film yang berjudul tilik 2018 memang memiliki cara ampuh untuk menyebarkan berita di masyarakat.

Sebagai sebuatan yang menarik bagi seseorang, bu tejo mempunyai cara ampuh untuk menyebarkan berita kepada ibu ibu di kampung, yaitu sebagai pemrakarsa media ampuh untuk penyebaran berita di kampung.

Cara ini memang sangat bagus untuk di lakukan ibu ibu untuk menyebarkan suatu informasi di wilayah desa atau perkampungan. Bahwasannya keterbatasan media informasi khususnya media elektronik jarang dipunyai oleh sebagian besar wilayah pedesaan.

Maka dari itu bu tejo menggagas suatu cara bagaimana menyebarkan berita untuk kondisi masyarakat di pedesaan atau di kampung, yaitu melalui media ghibah. Memang ampuh juga media yang ditemukan oleh bu tejo ini semua berita yang di sebarkan oleh beliah mudah tersalurkan kepada masyarakat khususnya kaum ibu ibu.

Kalau dilihat secara detail semua berita yang di sampaikan oleh be tejo tersebut mudah tersampaikan, yang menjadi pertanyaannya adalah apakah berita yang di sampaikan itu benar atau hoax ???

Nah itulah yang menjadi pertanyaan bagi mereka ibu ibu yang mendengar ocehan dari bu tejo yang pandai menyaring sebuah informasi ketika informasi tersebut muncul. Dengan istilah kalimat yang biasanya di sampaikan oleh bu tejo yaitu ” dadi wong ki mbok sing solutip ” kalimat lucu yang sering kali muncul dari bu tejo untuk menyindir ibu ibu lainnya yang tidak sependapat dengannya.

Tak di sangka hal seperti ini bisa membuat seseorang nama nya tercemar gara gara berita yang di sampaikan oleh ibu ibu seperti dalam film tersebut karena berita yang di sampaikan tidak benar atau hoax, hal inilah yang perlu di pelajari dan di pahami bagi masyarakat di desa bahwasannya politik politik seperti ini akan muncul ketika ada seseorang yang membuat dirinya terusik dan dia akan meluncurkan berbagai macam cara untuk menjatuhkan seseorang tersebut.

Hal yang paling penting bagi masyarakat yaitu harus bisa menyaring terkait informasi informasi yang muncul ketika ada seseorang menyampaikan sebuah berita apapun entah itu berita benar atau berita hoax, karenan apabila hal tersebut muncul dan berita yang di sampaikan hoax bisa membuat nama seseorang atau instansi jelek. Dan apabila itu terjadi bisa terkena undang undang tentang pencemaran nama baik, kenapan seperti itu, yaitu bahwasannya negara indonesia adalah hukum.

(Editor : AQ)

Iklan