KH. Ja’far Shodiq

Buntut Beredarnya Dokumen Dukungan NU ke Sugiri Sancoko: Pengurus Pertanyakan Keabsahan Tim Sembilan

Ponorogo, Ketua Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Jambon, KH. Ja’far Shodiq menyatakan bahwa dalam situasi dan kondisi apapun, seluruh jajaran pengurus NU harus tetap berkomitmen dan fokus terhadap masalah-masalah keumatan yang menjadi tanggung jawabnya. Baik itu dalam masalah sosial, agama, pendidikan dan juga politik, kita harus tetap mengedepankan sikap seperti yang dicontohkan oleh para kyai dan ulama NU.

Disinggung soal menyebarnya surat dukungan kepada salah satu calon yang mengatasnakan NU Ponorogo oleh Tim Sembilan dan telah menjadi rasan-rasan publik, Kyai Ja’far justru mempertanyakan kebenaran berita tersebut. Menurutnya, selama ini para pengurus MWC hanya tahu bahwa PC NU disuwun oleh PKB untuk mengusulkan salah seorang kadernya (Agus Khoirul Hadi, red.) untuk dipasangkan sebagai wakil pak Iponk.

Sehingga jika kemudian tiba-tiba muncul keputusan mendukung dan mencalonkan calon lain, Kyai Ja’far merasa bahwa Tim Sembilan telah melakukan tindakan di luar kebiasaan NU. Lebih jauh, beliau malah mempertanyakan kapasitas dari Tim Sembilan tersebut karena dengan munculnya surat dukungan itu telah membuat resah sebagian warga NU.

Selanjutnya Kyai Ja’far juga meminta agar keberadaan Tim Sembilan dievaluasi oleh PC NU Ponorogo dengan melibatkan seluruh banom dan jajaran pengurus MWC NU se-Ponorogo. “Saya tegaskan, bahwa, Ini bukan soal siapa mendukung siapa, tetapi lebih pada pertanggungjawaban kita sebagai pengurus”, demikian Kyai Ja’far menegaskan sikapnya.

Ditanya tentang langkah-langkah yang akan dilakukan, Kyai yang juga pengasuh Pondok Pesantren “Sendang Drajat” Jambon ini mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan pengurus yang lain dan segera bisa ke PW NU Jatim untuk melaporkan dinamika politik yang ada di Ponorogo sekaligus memohon agar PW NU Jatim bisa segera melakukan tindakan terhadap kinerja PC. NU Ponorogo terkait keberadaan Tim Sembilan. (hg)

Iklan