Cabai Rawit Merah di Ngawi Tembus Rp86 Ribu Perkilo

Ngawikita.com – Harga cabai rawit merah di Kabupaten Ngawi terpantau naik. Dari harga yang sebelumnya hanya berkisar Rp40-50 ribuan, kini harga cabai rawit merah telah mencapai Rp86 ribu per satu kilogram.

Titik, salah satu pemilik kios di Pasar Besar Ngawi menuturkan, naiknya harga cabai rawit merah saat ini dipengaruhi jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Sudah semingguan lebih, harga cabai rawit merah naik,” katanya kepada wartawan ngawikita.com, Selasa (21/12/21).

Selain itu, naiknya harga cabai rawit merah juga dipengaruhi oleh faktor cuaca saat ini. Beberapa daerah penghasil cabai rawit merah mengalami kendala pasokan akibat cuaca buruk.

“Ya ada pengurangan pasokan. Biasanya setengah kwintal, sekarang dibatasi cuma 30 an kilo,” ujarnya.

Harga cabai rawit merah yang hampir menyentuh angka Rp100 ribu itu, diperkirakan Titik masih akan mengalami kenaikan. Mengingat sebentar lagi akan memasuki masa perayaan natal dan tahun baru.

“Setalah tahun baru biasanya turun lagi,” jelasnya.

Sementara untuk jenis cabai keriting dan rawit hijau, kata Titik, harganya cenderung masih stabil. Belum ada kenaikan yang signifikan.

“Masih di kisaran harga Rp30 ribuan, masih normal,” ungkapnya.

Selain cabai rawit merah yang naik, saat ini kebutuhan pangan lainnya juga mengalami kenaikan harga. Diantaranya beras, minyak goreng, dan telur ayam. (Mf)

Iklan