DPC PKB Ngawi dan PCNU Ngawi Menggelar Tasyakuran Atas Penetapan Dana Abadi Pesantren

Ngawi | ngawikita.com – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Ngawi bersama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ngawi menggelar tasyakuran ditetapkannya Dana Abadi Pesantren oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu (18/09/2021).

Kegiatan tersebut digelar di Kantor PCNU Ngawi dalam rangka mensyukuri terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) nomor 82 tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren.

Ketua DPC PKB Ngawi, KH. Khoirul Anam Mu’min atau sering disapa Gus Anam mengatakan bahwa lahirnya Perpres tersebut perlu disyukuri karena pihaknya merasa itu merupakan hasil perjuangan dari legislator PKB.

“Terbitnya Perpres ini sendiri merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang tentang Pesantren yang telah disahkan.
Kami sangat bersyukur, perjuangan PKB membuahkan hasil.” ungkap Gus Anam.

Gus Anam menyebut, dalam Perpres tersebut sebagai penjamin keberlangsungan pendidikan di pesantren.

“Perpres 82 tersebut mempunyai tujuan untuk menjamin keberlangsungan pendidikan di pesantren,” imbuh Gus Anam.

Sementara, Ketua PCNU Kabupaten Ngawi KH Ulinnuha Rozi mengatakan, lahirnya Perpres ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah pada pesantren.

“Setelah sekian puluh tahun para kyai berjuang melalui diplomasi politik, akhirnya membuahkan hasil pada era Presiden Joko Widodo. Dimulai dari ditetapkannya hari santri nasional pada tahun 2015 dilanjut UU pesantren pada tahun 2019. Dan yang paling baru dengan ditetapkannya Perpres No 82 tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren,” ungkap Kyai Ulinnuha Rozi.

Beliau berharap penguatan khidmat PKB Ngawi dapat bersinergi dengan para Kyai Pesantren di Ngawi untuk membantu terkait hal-hal yang berkaitan dengan legalitas formalitas pesantren.

“Semoga kedepannya PKB Ngawi dapat membantu para Kyai dalam hal legalitas formalitas Pesantren,” pungkasnya. (adm)

Iklan