Harlah ke- 35 tahun, PSNU Pagar Nusa Kec. Kendal Gelar Aksi Donor Darah

Kendal | ngawikita.com – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama’ (PSNU) Pagar Nusa Kecamatan Kendal menggelar aksi donor darah sebagai salah satu rangkaian peringatan Harlah Pagar Nusa ke- 35. Kegiatan donor darah dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Kendal, Minggu 03 Januari 2021 bekerjasama dengan PMI Kabupaten Ngawi.

Muhammad Imam Baihaqi selaku ketua PAC Pagar Nusa Kendal mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan program rutin yang diadakan oleh PAC PSNU Pagar Nusa Kendal setiap 6 bulan sekali. Diselenggarakan sebagai wujud kepedulian sosial terhadap masyarakat khususnya di lingkungan Kecamatan Kendal.

“Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial anggota PSNU Pagar Nusa Ancab Kendal kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan”, urainya.

Dalam acara tersebut setidaknya lebih dari 70 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari Forpimcam, pelajar dan masyarakat umum di lingkungan Kecamatan Kendal.

“Stok darah selama pandemi tidak mencukupi, maka dari itu kegiatan seperti ini sangat membantu kami dalam mengisi persediaan darah di PMI, kami membutuhkan 1.000 kantong darah per hari. Jumlah itu bisa didapatkan jika kami mendatangi minimal 10 lokasi aksi donor darah”, tutur Dokter PMI Ngawi.

Sayangnya, kata Dokter PMI Ngawi, pandemi covid-19 membuat perkantoran atau institusi mengurangi kegiatan donor darah. Sehingga, persediaan darah bagi masyarakat terpaksa dikurangi.

Pelaksanaan donor darah yang di selenggarakan oleh PAC. Pagar Nusa Kendal menerapkan protokol kesehatan. Seluruh panitia dan pendonor darah menggunakan masker serta saling menjaga jarak di ruang tunggu. Terdapat hand sanitizer di sejumlah titik untuk membersihkan tangan. Kemudian ranjang untuk pengambilan darah juga dibatasi dan diberi jarak satu sama lain.

(editor : aq)

Iklan