Keren, Petani Ngawi semprot pupuk sawah pakai Drone

Ngawi | ngawikita.com – PT Pupuk Indonesia (Persero) perusahaan Agrosolusi untuk Indonesia bersama holdingnya melakukan penyemprotan pupuk menggunakan drone. Kegiatan penyemprotan ini hasil kerjasama dengan Today Tech selaku penyedia drone pertanian dari Yogyakarta. Kegiatan teknologi penyemprotan pupuk organik cair phonska OCA dengan menggunakan drone pertanian pada komoditas padi saat ini dilakukan di dsn Jambe Kulon, Desa Gemarang, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi, Kamis (25/11).
Wawan Arjuna, Asisten Vice President Penjualan Wilayah Jatim 1 PT. Pupuk Indonesia mengatakan, Phonska OCA adalah pupuk organik cair terbaru yang disubsidi pemerintah di tahun 2021 ini danuntuk acara penyemprotan  pupuk organik cair OCA ini dilaksanakan di 14 Kabupaten yang tersebar di 3 provinsi, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dalam praktiknya, drone ini mampu membawa terbang 5 liter pupuk organik cair Phonska OCA.
“jadi untuk satu hektare lahan padi, dibutuhkan waktu 15 menit untuk menyemprotkan Phonska OCA menggunakan drone,”katanya.
Jadwal pelaksanaan penyemprotan massal pupuk organik cair Phonska OCA ini dilakukan di Kabupaten Tuban, Lamongan, Nganjuk, Ngawi dan Kabupaten Kediri. Rangkaian acara yang pada minggu kemarin telah dilaksanakan di Kabupaten Tuban  Lamongan, dan Nganjuk. Penyemprotan massal diselenggarakan sebagai bentuk upaya pupuk Indonesia bersama stakeholder dalam hal ini Todaytech, Kepala Diperta dan kelompok tani dalam peningkatan produksi pangan melalui perbaikan kondisi lahan menggunakan pupuk organik.
“kegiatan ini merupakan bentuk dukungan serta sarana edukasi kepada petani di Kabupaten Ngawi dalam menerapkan pemupukan yang presisi menggunakan teknologi drone pertanian yang lebih mudah dan menyenangkan,”ujarnya.
Lanjutnya, Penambahan pupuk organik cair ini dijalankan pemerintah dengan prinsip efisien dan tetap mengedepankan kualitas dan kemudahan dalam aplikasi oleh petani untuk meningkatkan hasil panen yang optimal. Menurutnya, inovasi perusahaan pada produk pupuk organik cair Phonska Oca dan peran kementerian pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian yang berkelanjutan menjadikan produk phonska OCA ini menjadi salah satu produk subsidi pada tahun 2021. Diharapkan sinergi ini dapat memberikan menafaat yang besar bagi masyarakat dan ketahanan pangan Nasional.
Tidak lupa Pupuk Indonesia berterima kasih pada petani dan pihak pemerintah yang telah mendukung dan memberikan kepercayaan kepada PT pupuk Indonesia selama ini. Phonska Oca merupakan pupuk yang memiliki kandungan unsur hara majemuk NPK dan pupuk organik dalam bentuk cair dengan kandungan C – Organik minimal 6 persen, serta diperkaya dengan unsur mikro serta mikroba fungsional yang bermanfaat untuk  tanah dan tanaman.
Phonska Oca telah melewati uji laboratorium di lembaga penelitian dan uji coba aplikawi di berbagai daerah yang mana hasilnya phonska oca sangat cocok diaplikasika  pada tanaman padi maupun komoditas lain dan mampu meningkatkan produktivitas antara 13 hingga 61 persen.

 

Sementara itu, kepala dinas pertanian Ngawi Supardi menyambut baik kegiatan yang diinisasi oleh pupuk Indonesia kali ini dengan kerjasama yang dibangun bersama PT Pupuk Indonesia dan Today Tech ini. Karena untuk meningkatkan produktifitas dan hasil panen, para petani harus mau dan disiplin menerapkan sistem budidaya sesuai anjuran diperta Ngawi dan PT Pupuk Indonesia. nantinya jika uji lokasi di berbagai daerah sudah terbukti hasilnya maka dapat menambahkan motivasi petani di Ngawi.
“petani dapat memanfaatkan teknologi drone pertanian agar bertani pebih mudah dan menyenangkan, dan tentunya hasil panen dapat meningkat secara signifikan.”katanya. (Ac/ris).

Iklan