Ketok Palu, Pemerintah Tetapkan 1 Syawal Jatuh Hari Ahad

Ngawi | Ngawikita.com – Sidang isbat untuk menentukan awal 1 Syawal  1441 H telah digelar Kementerian Agama (Kemenag) pada hari jum’ at ,2/4/2020. Terdapat 80 titik rukyatul hilal yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Terkait dengan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang melanda Indonesia, sidang isbat penentuan awal 1 Syawal  tahun ini digelar dengan skema berbeda dibandingkan sidang tahun-tahun sebelumnya. Sidang  menggunakan sarana teleconference yang bisa di ikuti oleh seluruh warga Indonesia.

Keputusan sidang isbat didasarkan pada hasil rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal pada tanggal tersebut.

Sidang isbat kali ini di pimpin langsung oleh menteri agama fahcrur Razi , dalam pidatonya Fahrur razi menyatakan awal 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari Ahad 24 Mei 2020. Hal ini di sebabkan posisi hilal masih di bawah ufuk -5 derajat 17 menit dan – 3 derajat 58 menit secara metodologi hisab. Keputusan ini dikuatkan dengan laporan dari team falakiyahh kementerian agama di 80 titik yang menyatakan hilal belum terlihat secara metode rukyat ( melihat langsung) di titik pantauan hilal.

Pengumuman hasil sidang isbat di hadiri oleh ketua komisi 8 DPR RI , Majelis ulama Indonesia ( MUI) , perwakilan  pimpinan ormas Islam , Lembaga antariksa dan penerbangan nasional ( LAPAN) , BMKG dan beberapa pakar dari perguruan tinggi.

Sgp

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*