Kuliah Online Bagi Mahasiswa Pinggiran

Ngawikita – Mahasiswa keluhkan kuliah online dengan jaringan yang tidak memadai. Mengingat masa pandemi covid 19 yang semakin hari semakin meningkat banyak kampus memberlakukan kuliah online. Di masa pandemi virus corona (COVID-19), hampir seluruh kampus melakukan lockdown atau menghentikan aktivitas di lingkungan kampus. Perkuliahan pun dilakukan secara daring (online) dari jarak jauh. Kondisi saat ini yang semakin mengkhawatirkan membuat kampus membuat langkah besar dengan memperpanjang perkuliahan secara daring. Mahasiswa pun diberikan berbagai cara untuk tetap berkuliah dan mendapat ilmu sebagaimana mestinya. Penulis mencoba mewawancarai kepada beberapa rekan mahasiswa di desa Pandean Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi.

Seperti halnya dengan Fatma Dina Mahasiswa Univesitas Teknologi Yogyakarta asal desa Pandean Kecamatan Kabupaten Ngawi. Demi mengikuti perkuliahan online dia harus pergi kebukit di pos perhutani dekat rumahnya untuk mencari sinyal jaringan. Semangat mencari ilmu untuk mengubah masa depan. Rasa syukur ketika bisa mencari ilmu di perkotaan tidak bisa ia rasakan ketika ia harus pulang kampung seperti saat ini. Ujarnya ketika diwawancarai (12/05/2020).

Hal Serupa juga di alami Oleh Fidiah Mahasiswa IAIN Ponorogo, Lutfiah Mei Mahasiwa Universitas Muhammadiyah Solo Asal desa Pandean. Ia bahkan sering telat mengikuti jam perkuliahan karena terkendala sinyal yang sulit sehingga mempengaruhi informasi yang tidak tersampaikan pada jam yang ditentukan. Belum lagi jika cuaca tidak mendukung entah panas atau hujan.

“Harapan kami semoga pemerintah ngawi bisa mendengar keluh kesah dari kami. Bisa memperluas jaringan hingga keplosok desa tempat kami tinggal. Sehingga desa kami tidak tertinggal teknologi dan informasi untuk menunjang proses belajar mengajar khususnya dan umumnya untuk memajukan desa kami dari segala sektor baik ekonomi, industri dan lain lain.” Ujar mereka saat di wawancarai.

(rohmadi/aq)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*