Langka Terjadi, Gunung Lawu Bertopi

Ngawi – Fenomena langka kali ini terjadi di gunung lawu pada hari kamis (03/10/2019). Sejak awal BMKG telah menginformasikan musim kemarau akan lebih terik dan berlangsung lebih panjang tahun ini.

Akibatnya, ada sejumlah fenomena langka yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Contohnya, fenomena langka yang terjadi di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Ketika itu suhu dingin pada malam hari menembus minus derajat. Pagi harinya disekitar candi Arjuna terdapat butiran-butiran kristal es seperti salju yang menempel di daun maupun tanah.

Rentetan fenomena langka ini terus bertambah. Kali ini, kejadian terjadi puncak Gunung Lawu yang terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Di sana, terjadi fenomena puncak gunung yang ‘mengenakan topi’. Izam warga Kebon, Paron mengatakan, menyaksikan fenomena unik itu sejak pukul 05.00 WIB saat berjalan-jalan disekitar rumah.

“tadi pagi saat saya jalan pagi disekitaran rumah saya melihat fenomena langka yang terjadi di puncak Gunung Lawu” ujarnya.

“Paling bagus tadi sekitar pukul 05.30 WIB. Awannya putih bentuknya sempurna seperti topi, Pukul 06.00 WIB ini sudah mulai memudar diterpa angin awannya,” tambahnya.

Ini bukanlah kejadian pertama. Pada 8 Maret 2019 dan 10 Desember 2019, puncak Gunung Lawu juga tertutup awan yang melingkar sehingga membuatnya seperti bertopi.

Munculnya awan menyererupai topi itu terlihat sejak pukul 05.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Munculnya awan berbentuk topi di puncak Gunung Lawu itu pun banyak diabadikan warga dan diunggah di media sosial.

(aq)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*