Zaenal Arifin Kepala Kankemenag Kab Ngawi membina RA/Madrasah secara Virtual

Madrasah Bergandengan Tangan Dengan PT Talk Fusion Indonesia di Masa Pandemi

Ngawi | ngawikita.com – Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngawi secara konsisten terus memastikan bahwa proses pembelajaran di Madrasah untuk semua tingkatan mulai Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah dalam masa pandemi Covid-19 ini tetap berlangsung secara efektif dengan menggunakan metode daring (dalam jaringan). Upaya ini di lakukan untuk menjamin Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan seluruh keluarga Madrasah mulai para Murid, Guru, TU dan Masyarakat.

Instrumen yang dimanfaatkan oleh Madrasah untuk mengefektifkan proses Kegiatan Belajar Mengajar sangat Variatif di antaranya menggunakan E-Learning, Eduprime, Edubox dan yang lain.

Moh Wahib Kasubag TU dan Yasmani Kasi Pendma mendampingi secara Virtual Kepala Kantor Kemenag Kab Ngawi dalam Pembinaan Pelaksanan Kurikulum Darurat di Madrasah

Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang berlangsung pada tanggal awal Juni 2020 juga tak luput dengan menggunakan sistem online. Yang paling banyak dipakai untuk penilaian para murid di akhir tahun pelajaran ini berupa Google Form dan sebagian menggunakan E-Learning dan U-Smart.

“Landasan hukum melaksanakan pembelajaran saat ini menggunakan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 tahun 2020 tentang panduan Kurikulum darurat pada Madrasah” terang Yasmani Kepala Seksi Pendidikan Madrasah.

Untuk kegiatan Learning Form Home, Teaching Form Home berdasarkan pada Kalender Pendidikan tahun pelajaran 2019/2020 berakhir pada tanggal 20 Juni 2020. Untuk tahun pelajaran 2020/2021 di mulai pada tanggal 13 Juli 2020. Sidang kelulusan oleh masing-masing Madrasah dilanjutkan dengan pengumuman kelulusan untuk kelas akhir juga dilakukan secara Virtual dengan menggunakan Aplikasi masa kini SIX IN ONE bekerjasama dengan PT Talk Fusion Indonesia seperti yang dipergunakan oleh MTs Negeri 7 Ngawi dan MTs Negeri 13 Ngawi.

Rakor Virtual KKM MTs Kab Ngawi

“Pendidikan adalah hak setiap anak yang harus di penuhi oleh setiap RA/Madrasah maka Kementerian Agama melalui Seksi Pendidikan Madrasah harus senantiasa hadir untuk menjamin keberlangsungan pembelajaran sesuai regulasi yang berlaku dengan tetap bersama-sama melaksanakan protokol pencegahan Covid-19 salah satunya pembinaan melalui Video Conference seperti ini“ pungkas Zaenal Arifin Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ngawi.

(aq/adm)

Iklan