PHP2D STKIP Modern, Implementasi Program Kampus Merdeka Berbasis Desa

Ngawi | Ngawikita.com – Program Holistik Pembinaan Dan Pemberdayaan Desa ( PHP2D) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia merupakan salah satu dari sekian program Kampus Merdeka. Program ini mulai diimplementasikan oleh para pemenang yang lolos. Dikutip dari laman php2d.kemendikbud.go.id Program Holistik Bina Desa (PHBD) adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa.

Menumbuhkan rasa peduli Mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Salah satu perguruan tinggi yang lolos dalam program tersebut adalah STKIP Modern Ngawi melalui Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar( PGSD) dengan judul pemanfaatan jerami untuk pembudidayaan jamur merang. Program tersebut terlaksana di dusun pohjagal desa Bangunrejo Kidul Kecamatan Kedunggalar,Ngawi. Selasa ,21/09/2021.

Menurut Ketua pelaksana program, Maharani Khumairo menyatakan implementasi program ini sudah mencapai pemasaran produk dan sosialisasi.

” Output yang kami hasilkan sudah menghasilkan produk jamur dan mencapai tahap pemasaran, harapannya program ini dapat mendorong masyarakat desa dalam peningkatan ekonomi dan mengasah kepedulian kritis mahasiswa terhadap desa,” Ungkap Maharani.

Sedangkan Djoko Hari Supriyanto selaku Kepala Program Studi PGSD menambahkan program hibah yang ditawarkan oleh kemendikbud variatif, kesempatan tersebut didukung penuh oleh kampus dengan melakukan pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan proposal.

” Selain aspek prestasi program ini juga bertujuan pengabdian mahasiswa untuk masyarakat Ngawi, salahsatunya PHP2D yang telah diraih mahasiswa PGSD,” Ulas Djoko Hari.

” Harapannya prestasi yang diraih menjadi motivasi bagi mahasiswa lain sehingga program tersebut menjadi program yang berkelanjutan,” Tambahnya.

Masyarakat di dusun pohjagal sangat antusias dengan program ini, mereka sangat terbantu khususnya dalam ekonomi keluarga.

“Menurut saya program php2d ini sangat bermanfaat dan membantu sekali di kalangan masyarakat yang tengah memulai usahanya yang dimana bisa berjalan dengan lancar berkat pengarahan, bimbingan serta pemodalan yang di berikan sangat bagus banget. Pokok patut di pertahankan atau malah di tingkatkan lagi program php2d ini,” Ungkap Fajar salah satu masyarakat di dusun pohjagal.

Masyarakat berharap agar program ini dapat berkembang dan lebih memperluas sasaran yang ada di desa Bangunrejo Kidul.(sgp)

Iklan