Foto Dari Bawaslu Ngawi

PMII Ngawi Siap Jadi Agen Gerakan Pengawasan Partisipatif Pilkada 2020

Ngawi | ngawikita.com – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Ngawi melakukan Diskusi dengan Bawaslu Ngawi terkait Kesiapan Pilkada atau Pemilihan Bupati (PILBUP) Ngawi Tahun 2020 Pada Masa Pandemi Covid – 19. (06/07/2020).

Dalam agenda ini PMII Ngawi  berdiskusi beberapa hal diantaranya, Peran mahasiswa di Pilkada Pandemi covid 19, Peran partisipatif masyarakat dalam pengawasan Pilkada ,Upaya Bawaslu yang dilakukan dalam pencegahan Politik uang, Netralitas ASN, Kampanye ditengah pandemi dan pengawasannya serta Cara melapor pelanggaran lewat media online, Terang Rokhim Wartoto Ketua PMII Cabang Ngawi.

Foto PC PMII Ngawi Bersama Abjudin Widiyas Nursanto (Ketua Bawaslu Ngawi)

Menanggapi itu, Abjudin Widiyas Nursanto Ketua Bawaslu Mengatakan “Pertama Menyambut Baik kedatangan Mahasiswa yang tergabung di PMII Ngawi, terkait beberapa hal yang dipaparkan tersebut, utamanya Mencegah Politik uang merupakan tugas bersama baik itu dijajaran penyelenggara maupun di masyarakat, perihal ini Bawaslu menggali, mendorong, dan mengajak masyarakat untuk mewujudkan sikap anti politik uang, dari pihak bawaslu diantara usaha yang sudah dilakukan yaitu pembentukan Kampung Anti Politik Uang (APU) di desa.”

“Sesuai Fitrah Mahasiswa yang Notabene nya adalah agen kritis serta perubahan, kita bawaslu sangat welcome terhadap Peran Partisipatif Masyarakat dalam pengawasan pilkada yaitu dianataranya yang mudah adalah dengan melapor jika ada indikasi ataupun dugaan pelanggaran pemilu di sekitarnya, sedangkan jikalau pelapor takut terjadi apa apa dengan dirinya , kita bisa merahasikan identitas pelapor, Apalagi Mahasiswa tentunya harus berani karena kita pandang kaum intelektual akademisi”, Jelas Abjudin.

Abjudin menambahkan “ sedangkan Untuk Netralitas ASN dari Bawaslu RI sudah menjalin kerjasama dengan KASN tentunya untuk penegakan pelanggaran pilkada 2020 yang baik dan untuk Online atau Daring Pelaporan masyarakat bisa menanyakanya lewat Media Sosial Resmi Bawaslu Ngawi Karena sudah ada Website, Instagram, Facebook, Twitter dan website ”.

“Sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan Pilkada 2020, Bawaslu Ngawi hari ini melakukan pengawasan terkait pembentukan PPDP dan Persiapan Pengawasan Tahap Pemutakhiran Daftar Pemilih atau COKLIT (Pencocokan dan Penelitian),” Pungkas Abjudin.

“PMII Ngawi siap menjadi pelopor atau agen gerakan pengawasan partisipatif dalam Pilkada 2020 karena pada waktu Pemilu 2019 PMII ikut andil dalam Pemantau Pemilu,” imbuh Rokhim Ketua Umum PC. PMII Ngawi. (mr)

(editor : Ahmad Qudori)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*