Polsek Sine Dampingi Vaksinasi Ternak Sapi di Desa Kuniran

Ngawikita.com – Polsek Sine terus melakukan peninjauan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi ternak sapi yang sehat oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi, Rabu (29/06/2022).

Peninjauan tersebut sengaja dilakukan untuk memberikan himbauan dan sosialisasi terkait langkah-langkah menghadapi wabah penyakit PMK.

“Dengan adanya vaksin ini akan membuat tenang bagi para peternak dan pengusaha, terlebih saat menjelang Idul Adha. Sapi yang sudah divaksin akan lebih kebal dari virus PMK dan tubuhnya lebih bagus,” kata Kapolsek Sine, AKP Slamet.

Penanggung jawab vaksinasi, drh Vita mentargetkan vaksinasi PMK 100 ekor sapi menggunakan 1 botol vaksin dosis 200 mili liter sekali suntik dengan syarat sapi dalam kondisi sehat tidak terpapar PMK

“Kami datangi satu per satu pemilik hewan ternak untuk divaksin PMK,” ujarnya

Selain itu, ia menjelaskan syarat sapi bisa divaksin PMK di antaranya sapi produktif, sapi potong indukan dan pedet, belum pernah sakit PMK dan kondisi sehat,

“Untuk pedet umur minimal 2 minggu serta betina yang sedang bunting kondisi sehat. Jangan lupa siapkan KTP saat vaksinasi PMK dan mendaftar kepada petugas peternakan,” jelas drh Vita.

Tak lupa, ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut hingga selama kegiatan berlangsung dapat berjalan aman, lancar dan kondusif.

Iklan