Sahabat Tani, Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri dan Jangan Lupa Merdeka

Idul Fitri merupakan perayaan yang biasanya dilakukan oleh umat islam sebagai bentuk manifestasi kebahagiaan setelah berhasil memenangi ibadah puasa. Bisa juga sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kemenangan besar yang diperoleh setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh.

Sebagai hamba Allah SWT kita memang sudah terbebas dari segala dosa tetapi sebagai makhluk sosial tentunya juga harus mempertanggung jawabkan akibat dari tindakan dosa-dosa kita. Terutama atas kerusakan lingkungan dan pertanian.

Pertanian di Indonesia memiliki potensi besar untuk terus berkembang. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia berada di peringkat kelima dunia untuk sektor pertanian. Namun, apakah petani di desa sudah benar-benar merdeka?

Pertanyaan tersebut layak menjadi renungan para pegiat pertanian. Indonesia dianugrahi dengan tanah yang subur, ragam flora dan fauna yang lengkap sebagai ekosistem. Namun selama ini kita telah menghancurkannya layaknya membantai musuh. Sehingga keberadaan ekosistem yang dianugrahkan sering menjadi musibah sebagai balasan atas keserakahan kita.

Sudah menjadi hukum alam jika ekosistem hancur maka akan muncul masalah terutama dalam lingkungan dan pertanian. Nyatanya pemakaian racun yang semakin banyak keberadaan hama dalam pertanian juga semakin meningkat. Hal tersebut mempengaruhi hasil panen karena biaya produksi semakin meningkat terutama untuk membeli racun. Lebih parahnya lagi tanah yang subur semakin lama akan menjadi tandus.

Meski kita sebagai muslim telah menang dan terbebas dari segala dosa, perlu kita renungkan bagaimana akibat dari dosa-dosa yang telah kita lakukan terkait sisi kemanusiaan dan lingkungan. Akibat itu tidak akan kembali dalam keadaan baik sebagaimana kembalinya kita dalam keadaan suci.

Hentikan perang terhadap lingkungan dan pertanian. Sahabat tani Indonesia, selamat merayakan hari kemenangan dan jangan lupa merdeka.

Versi video disini:

Petani di Desa Tidak Mungkin bisa Kaya dan Sejahtera
https://youtu.be/xCPi9mJ5z1U

Iklan