Sekolah Ini Wajibkan Program Dua Bahasa Asing

Di era kemajuan teknologi dan digital ini, kemampuan bahasa (language skill) sangat dibutuhkan. Seperti halnya bahasa Inggris yang diakui sebagai bahasa internasional , kita dituntut untuk faham bahasa untuk menghadapi persaingan pasar bebas dan kemajuan teknologi di masa depan. Hal ini karena bahasa merupakan alat komunikasi untuk berinteraksi dengan berbagai kalangan.

Demikian dengan MTs dan MA Miftahul Lubaab yang terletak di desa Ringinanom,Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi. Sekolah ini di bawah naungan yayasan pendidikan Islam Miftahul Lubaab berdiri sejak tahun 2006

Meski berusia muda MTs dan MA Miftahul Lubaab sudah menerapkan bilingual program sejak berdirinya. Program ini merupakan respon persiapan menghadapi tantangan zaman yang semakin terbuka

Menurut Sohibul Fadhloli salah satu guru di MTs dan MA Miftahul lubaab menyatakan program bilingual language bersifat wajib bagi guru maupun siswa.
“Setiap hari guru maupun siswa disini wajib menggunakan bahasa Inggris dan Bahasa Arab” tuturnya.

“Pelajaran yang disampaikan dengan bahasa Indonesia kemudian harus di translate dan dipresentasikan oleh siswa menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Arab” tambahnya.

Adapun kegiatan bilingual language di MTs Dan MA Miftahul Lubaab meliputi :

 

1.Second Class

Program pelatihan bahasa inggris dan bahasa arab dalam percakapan saat waktu istirahat.

2.Daily English

Program penerapan percakapan bahasa Inggris dan bahasa Arab di setiap sesi mata pelajaran yang dilaksanakan oleh semua siswa dan guru.

3.Travelling Exam

Program kunjungan wisata ke candi Prambanan yang rutin dilaksanakan oleh pihak sekolah untuk mengasah langsung kemampuan berbahasa. Para siswa dituntut untuk bersosialisasi dan bercakap- cakap dengan turis asing saat kunjungan ini. Siswa dibagi beberapa group yang didampingi oleh guru , program ini dilakukan rutin sejak MTs dan MA Miftahul Lubaab didirikan dan terus eksis sampai saat ini.

Sgp

Iklan