Serius Perangi Narkoba, KIPAN Ngawi Dilantik

Ngawikita.com | Ngawi – Sejumlah 38 pemuda-pemudi Ngawi dikukuhkan sebagai Kader inti pemuda anti narkoba (KIPAN) siang tadi, Jumat (11/6/21). Pengukuhan itu digelar di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono yang hadir pada kesempatan itu mengatakan pengukuhan KIPAN sebagai bentuk tindak lanjut dari intruksi Presiden RI.

“Ini menjadi tindak lanjut arahan Presiden terkait kepemudaan yang harus bebas dari narkoba dan previsor narkoba, kemudian dari Kementerian pusat hingga Provinsi membentuk yang namanya KIPAN ini,” kata Bupati Ngawi kepada Ngawikita.com, Jumat (11/6/21).

Dijelaskan Bupati Ngawi, sejauh ini Ngawi telah memiliki program kaderisasi duta anti narkoba. Menurutnya dengan adanya KIPAN ini, hanya sebatas persoalan nama saja, dimana ruh perjuangan anti narkoba tetap sama.

Dipilihnya KIPAN sebagai wadah pemuda dalam memerangi narkoba, dijelaskan Bupati Ngawi hal itu berdasarkan hierarki kepengurusan KIPAN yang melingkupi dari daerah hingga pusat.

“Kenapa berubah menjadi KIPAN? Karena jelas hierarki organisasi sampai ke Kementerian Pusat. Kalau dulu Duta anti narkoba, pemuda pelopor kan hanya sampai daerah saja,” ujarnya.

Sementara itu, dikatakan Bupati Ngawi setelah dikukuhkan KIPAN Ngawi ini, program terdekat akan melaksanakan sosialisasi anti narkoba saat pelaksanaan MOS mendatang di sekolahan bersama dengan dinas dan institusi terkait. (zt/mf)

Iklan