Suasana Sholat Idul Fitri di masa Pandemi

Ngawi | ngawikita.com – Lebaran tahun ini terasa berbeda karena dunia sedang dilanda  pandemi covid-19 tak terkecuali indonesia.

Hal ini tentu ada batasan batasan aturan yang harus di taati bersama mulai dari penerapan lockdown, PSBB, physical distancing untuk bagaimana bersama mencegah penyebaran virus ini.

Dihari ini Minggu, 24 Mei 2020 umat islam sedang merayakan hari kemenangan idul fitri 1441 H di tengah pandemi covid-19. Tentu ada perbedaan dari tahun tahun sebelumnya ada pembatasan tertentu untuk melakukan aktivitas masal bersama orang banyak seperti surat edaran bupati ngawi Nomor : 443/26.22/404.106/202 tentang kegiatan ibadah  idul fitri 1 Syawal 1441H.

Di masjid desa tirak

Ada beberapa hal yang di sampaikan bupati melalui surat edaran tersebut, seperti pelaksanaan sholat idul fitri di Masjid Jami’ Baitul Hakim desa Tirak Kwadungan Ngawi  protokol physical distancing di patuhi dan di terapkan untuk jamaah sholat idul fitri.

“Kami senanitiasa menghimbau kepada jamaah untuk menaati aturan dan menjaga jarak atara jamaah  dan cuci tangan  serta memakai masker”, ungkap sulis Remaja masjid  ( IRMABHA) Ikatan Remaja Masjid Baitul Hakim.

Selain di Kwadungan Ngawi, penerapan physical distancing sesuati protokol kesehatan dan surat edaran bupati juga di terapkan di Kecamatan Jogorogo, salah satunya di desa Tanjungsari dusun Sumyangan di masjid At-Taubah

Masjid ataubah tanjungsari

Pelaksanaan sholat idul fitri juga di lakukan dengan tertib jamaah diberi jarak dan disarankan untuk cuci tangan terlebih dahulu.

Heri, salah satu takmir masjid mengatakan “penerapan protokol physical distancing juga sudah di lakukan sejak sholat tarawih jadi jamaah sudah terbiasa”.

Hal ini tentu menjadi pengalaman tersendiri yang belum ada sebelumnya namun pelaksanan semua berjalan hikmat dan mari berdoa bersama pandemi covid -19 ini segera berakir kita semua bisa aktivitas seperti semula

(Sgp/zt)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

*

*